Budaya Perusahaan
Budaya Perusahaan merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi penentu keberhasilan perusahaan. Untuk mendukung terwujudnya visi dan misi perusahaan. Perusahaan telah memiliki nilai-nilai budaya perusahaan PT PANN (Persero) tercermin dari nilai kebersamaan (shared values) dan pedoman perilaku yang dapat diuraikan sebagai berikut :
- Nilai-nilai Kebersamaan (Shared Values)
Merupakan nilai-nilai yang disepakati dan diyakini dapat membantu untuk pencapaian visi/misi perusahaan yang terdiri dari 9 nilai, yaitu :- Berorientasi pada pelanggan/lessee (Customer Oriented)
- Integritas (Integrity)
- Disiplin (Discipline)
- Kerja sama (Teamwork)
- Saling percaya dan saling membantu (Mutual Trust and Respect)
- Pemberdayaan SDM (Human Resources Empowerment)
- Keseimbangan (Balance)
- Kepemimpinan (Leadership)
- Peduli Lingkungan (Environmental Concern)
- Pedoman Perilaku
Merupakan pedoman pelaksanaan nilai-nilai kebersamaan (shared values), yang menguraikan secara lebih rinci dalam tindakan yang lebih jelas dan nyata, yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan pelaksanaan suatu pekerjaan baik yang bersifat operasional maupun non operasional. Adapun pedoman perilaku adalah sebagai berikut- Berorientasi pada pelanggan (Customer Oriented)
- Apapun yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah dan kepuasan pelanggan.
- Melebihi harapan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, dengan melakukan inovasi.
- Menjaga rahasia pelanggan dan perusahaan
- Integritas (Integrity).
- Bekerja dengan integritas, beretika dan profesional sesuai dengan kode etik perusahaan.
- Tidak akan melanggar ketentuan Undang-undang dan peraturan perusahaan yang berlaku yang akan merusak citra dan reputasi perusahaan.
- Disiplin (Discipline)
- Mematuhi sistem dan kebijaksanaan perusahaan dan akan menegakkan ketentuan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku.
- Sukses melalui komitmen terhadap ketepatan waktu dan kualitas.
- Kerja sama (Teamwork)
- Yakin akan kesuksesan tim kerja atas dasar budaya profesional.
- Saling percaya dan saling membantu (Mutual Trust and Respect)
- Menganut manajemen terbuka
- Percaya kepada rekan-rekan sejawat dan menghargai penilaian serta keahliannya.
- Memberi dan menerima masukan dengan cara yang positif.
- Mengutamakan lingkungan persaingan yang sehat
- Pemberdayaan SDM (Human Resources Empowerment)
- Menyadari bahwa keberhasilan perusahaan hanya dapat dicapai melalui pemberdayaan sumberdaya manusia.
- Membangun nilai loyalitas dengan memberikan penghargaan, pelatihan dan pembayaran gaji serta bonus sesuai dengan kinerja yang dicapai.
- Membina rasa ikut memiliki dalam setiap keputusan-keputusan Perusahaan.
- Tugas dan tanggung jawab diberikan kepada orang-orang yang tepat.
- Keseimbangan (Balance)
- Memelihara keseimbangan antara kepentingan-kepentingan berbagai pihak yang berkaitan dengan perusahaan.
- Kepemimpinan (Leadership)
- Menerapkan azas kepemimpinan dengan menjadi panutan yang mewujudkan misi dan nilai-nilai budaya perusahaan dalam kehidupan sehari-hari.
- Peduli Lingkungan (Environmental Concern)
- Menerapkan kebijakan-kebijakan perusahaan tanpa merugikan perekonomian Negara, masyarakat dan lingkungan.
- Berorientasi pada pelanggan (Customer Oriented)